'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ceramah Hukum “ Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital “ PDA Kabupaten Bantul
12 Februari 2017 21:00 WIB | dibaca 547

Seiring dengan kemajuan industri maka senakin banyak pilihan barang dan jasa yang tersedia di masyarakat. Tak terkecuali dalam mendapatkan barang, masyarakat bisa memilih transaksi langsung maupun tidak langsung (online). Tuntutan, kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam memperoleh barang dan jasa kadang tidak diimbangi dengan tingkat pengetahuan yang memadai terhadap kualitasnya maupun pengetahuan tentang hak-hak yang dimiliki masyarakat selaku konsumen.

Gaya hidup konsumtif dan pembelian tidak berdasarkan kebutuhan, namun berdasar keinginan yang berkembang semakin membuat masyarakat kurang berdaya dalam memilih barang dan jasa.

Maraknya toko online di media sosial juga memberikan andil dalam gaya hidup konsumtif.  Disamping itu juga tingkat penghasilan masyarakat yang kurang merata kadang mengharuskan masyarakat memilih barang dan jasa murah namun tidak berkualitas daripada memilih barang harga tinggi dengan kualitas lebih bagus.

Dalam upaya edukasi mewujudkan konsumen yang sadar terhadap hak dan kewajiban selaku pengguna barang dan jasa (konsumen) Majelis Hukum dan HAM PDA kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta sebagai bagian dari masyarakat merasa terpanggil untuk memberikan advokasi dan edukasi kepada warga Aisyiyah untuk menjadi konsumen cerdas melalui kegiatan ceramah hukum " Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital". Acara ini diselenggarakan dalam rangka koodinasi program kerja Majelis Hukum dan HAM PDA dengan PCA se Kabupaten Bantul periode 2015-2020 sebagaimana disampaikan ketua MHH PDA Kabupaten Bantul, Ibu Nur Zubaidah, SH.MSi

Ceramah hukum ini dilaksanakan pada Ahad 12 Februari 2017 bertempat di Aula Gedung Dakwah PDM Bantul dibuka oleh ibu Dra.Hj. Noor Kadariyah, MPd selaku sekertaris PDA Kabupaten Bantul. Acara ini diikuti oleh 55 peserta terdiri dari anggota PDA, MHH PDA dan utusan dari 20anggota MHH PCA. Sebagai narasumber ibu Norma Sari, SH.M,MHum (Dosen Fakultas Hukum UAD Yogyakarta dan juga anggota MPK PPA).

Pemateri memberi tips kepada peserta selaku konsumen agar jangan sampai dirugikan pelaku usaha. Juga membekali peserta selaku anggota Majlis Hukum dan HAM mengenai tatacara penyelesaian sengketa konsumen apabila dirugikan.

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari